Menu Tutup
  • Artikel
  • Views

Sejarah Maizena & Cara Pembuatannya

November 11, 2021
Sejarah Maizena & Cara Pembuatannya

Sejarah Maizena

Kompas.com
Sumber gambar: Kompas.com

Dilansir dari The List, kemampuan tepung jagung dalam menghilangkan noda minyak pada pakaian terletak pada kekuatan penyerap super yang dimiliki tepung jagung. Tepung jagung dapat menyerap minyak dari kain yang terbuat dari bahan apapun.

Menurut PureWow, cara terbaik untuk menghilangkan noda bekas minyak pada pakaian adalah dengan mencampurkan tepung jagung dengan air sampai bertekstur seperti pasta dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, aplikasikan pasta tersebut langsung pada titik di mana noda menempel pada pakaian. Entah itu noda yang masih baru atau sudah lama. Biarkan pasta tepung jagung tersebut menempel pada pakaian selama semalaman. PureWow juga menyarankan untuk meletakkan handuk kertas atau kain lap di bawah area yang sedang terdapat pasta tepung jagung untuk berjaga-jaga jika ada warna yang keluar.

Kemudian pada pagi hari, (atau kapan pun kamu bisa melakukannya) cukup singkirkan pasta tersebut dan bekas noda minyak pada pakaian pun akan menghilang. Selain untuk noda minyak pada pakaian, tepung jagung juga ternyata bisa membantu menghilangkan noda bekas oli di permukaan aspal atau beton pada garasi. The Spruce mengatakan bahwa tepung jagung bisa membantu untuk menghilangkannya. Meskipun memang, beberapa orang terkadang membiarkan saja noda bekas oli yang menempel pada permukaan beton atau aspal di garasi.

Apa yang harus kamu lakukan adalah hanya perlu mengambil tepung jagung kemudian menaburkannya ke bagian garasi yang terkena noda oli. Kamu bisa menaburkannya dalam jumlah yang banyak. Kamu perlu lapisan yang tebal karena mungkin ada banyak noda minyak yang membandel. Setelah itu, biarkan tepung jagung selama beberapa jam kemudian kamu bisa menyapu atau menggunakan vakum untuk menyerap minyak yang menempel tersebut. Jika masih ada noda yang tersisa, kamu bisa menaburkan kembali tepung jagung. Hingga tahun 1850, tepung jagung paling banyak digunakan untuk mencuci pakaian dan proses industri dari pada di gunakan untuk pembuatan makanan.

Dilansir dari boladeli.id, jika banyak orang yang selama ini salah mengartikan nama ‘Maizena’?. Sebenarnya, Maizena adalah sebuah merek tepung dari Mexico. Tetapi di Indonesia, tepung maizena malah digunakan sebagai penyebutan nama untuk tepung jagung. Jadi, seharusnya orang Indonesia menyebutnya tepung jagung bukan maizena. Jadi jika ada yang bertanya ‘tepung maizena sama dengan tepung apa?’. Maka jawabannya adalah sama dengan tepung jagung atau lebih tepatnya pati jagung dan berbeda dengan tepung hunkwe. Sedangkan dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) adalah mai.ze.na[n] tepung jagung.

Proses Pembuatan Tepung Maizena

Tepung Maizena merupakan butiran-butiran halus yang berasal dari endosperma biji jagung yang telah mengering dan dihancurkan. Tepung Jagung adalah bahan makanan yang biasa digunakan untuk bahan pengental sup atau saus serta dapat juga digunakan untuk membuat sirup jagung dan pemanis lainnya. Makanan-makanan enak dan sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tepung jagung. Jagung yang telah berubah menjadi tepung akan lebih mudah digunakan untuk membuat berbagai macam kue dan makanan lainnya.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi tepung jagung berdasarkan Standar Nasional Indonesia [SNI] yaitu kadar air rendah, bau, warna, dan rasa yang bagus serta tidak tercemar oleh benda asing yang berbahaya untuk tubuh  manusia. Untuk menghasilkan tepung jagung yang berkualitas, maka perlu untuk mengetahui bagaimana cara membuat tepung jagung.

Tahapan untuk  memproduksi tepung jagung ada 3 yaitu :

1. Metode pemberasan jagung :

 jagung dipipil dengan  menggunakan Mesin pemipil jagung agar proses pemipilan berjalan dengan cepat dan menghasilkan pipilan jagung yang banyak. Kemudian  pipilan jagung dibersihkan agar memudahkan dalam proses penggilingan. Biji jagung yang telah bersih  dikeringkan kurang lebih 1-2 jam dengan suhu 5°C.  Setelah itu biji-biji jagung tersebut digiling dengan menggunakan mesin penggilingan jagung untuk memisahkan endosperm, lembaga dan kulit ari biji jagung. Hasil dari proses penggilingan masih perlu dikeringkan untuk menurunkan kadar air menjadi 15% – 18%.

2. Metode cara perendaman air :

Yaitu dengan cara  merendam beras jagung selama 24 jam dengan air. Setelah 24 jam, tiriskan dan dijemur selanjutnya diayak dengan saringan. Jika semua telah selesai, tepung dari hasil penyaringan dijemur lagi dibawah sinar matahari agar kadar air turun. Tepung dengan kadar air yang tinggi selain tidak awet juga dapat mengundang jamur untuk berkembang biak, sehingga tepung akan berbau dan tidak layak dikonsumsi.

3. Metode perendaman larutan kapur :

Biji jagung direndam ke dalam larutan yang memiliki kandungan kapur sebanyak 5% dengan tujuan melepaskan perikarp dalam jumlah besar. Proses perendaman ini membutuhkan waktu selama 24 jam kemudian dikeringkan sampai kadar airnya menjadi 14%. Biji jagung yang kering lalu digiling dan diayak menjadi tepung.

Selanjutnya setelah semua proses selesai, maka dilakukan pengemasan sehingga jagung dapat disimpan dalam bentuk tepung dengan waktu simpan yang lebih lama dan mudah untuk diolah menjadi berbagai aneka makanan yang enak.

Maizenaku

Maizenaku adalah tepung jagung pilihan dengan kualitas nomor satu yang dapat menjadi pilihan terbaik saat ansa membutuhkan bahan pangan bermutu. Maizenaku mempunyai kekuatan mengentalkan 2x lebih kuat dari merk lain, warna saus yang lebih bening dan NON GMO (tidak mengandung GMO)
 
  • Warna kebih cerah
  • Proses yang higienis
  • Kualitas yang tejaga
  • Rasa uang lezat
  • Tekstur yang renyah
error: Content is protected !!