Menu Tutup

MACARONI AND DAILY LIFE

MENGETAHUI MANFAAT DAN CARA MENGOLAH MAKARONI

Mengapa para olahragawan senang mengkonsumsi makaroni?

Makaroni merupakan jenis makanan yang penting bagi orang – orang yang bekerja berat. Jika tubuh dan juga mental Anda bekerja keras sepanjang hari, atau Anda berolahraga berat, dan Anda merasa lelah, maka mengkonsumsi makaroni setidaknya 3 kali seminggu akan sangat membantu mengembalikan energi dan semangat Anda.

Apakah makaroni dapat membuat kita bahagia?

Berdasarkan hasil penelitian, makaroni merupakan salah satu jenis makanan yang telah terbukti mampu membuat orang yang mengkonsumsinya merasa bahagia. Makaroni adalah juga merupakan jenis makanan yang menjadi favorit anak – anak. Jadi jika Anda ingin dapat lebih sering tersenyum dan merasa bahagia layaknya anak – anak, konsumsi makaroni paling tidak 3 kali seminggu akan membantu Anda mencapai misi tersebut…

Terbuat dari apakah makaroni itu?

Makaroni tawar pada dasarnya hanya terbuat dari gandum jenis durum, tepung terigu dan air. Tanpa penambahan bahan penguat rasa apa pun. Nilai gizi yang terkandung dalam makaroni tawar ini seluruhnya berasal dari gandum durumnya. Berdasarkan fakta ini, maka konsumsi makaroni setidaknya 3 kali seminggu amat tepat dilakukan jika Anda ingin selalu mendapatkan hidangan yang bergizi.

Makaroni dan kebugaran Anda…

Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makaroni bersama saus yang berlemak, berkadar gula tinggi, atau berkalori tinggi. Lagipula, siapa yang akan menolak hidangan semangkuk makaroni yang terbalut dalam saus yang ringan namun lezat? Dengan sedikit saja percikan minyak zaitun ke dalam makaroni Anda, bahkan roti dengan sup yang lezat pun dapat dengan mudah Anda lewatkan.

Praktis, mudah dan lezat…

Makaroni dengan berbagai kelebihannya, antara lain tidak mahal, cepat saji dan praktis, dapat dihidangkan dalam jamuan makan istimewa, tidak kalah dari hidangan lainnya, mudah didapat di manapun Anda berada, dan merupakan jenis makanan yang sangat akrab di antara orang dewasa juga anak – anak. Karenanya, Anda dapat selalu menghadirkan sajian berbahan makaroni kapan pun untuk kebaikan hidup Anda dan orang – orang tercinta.

Cita rasa makaroni yang mendunia…

Hampir seluruh negara di dunia mengenal dan akrab dengan hidangan berbahan makaroni. Orang Italia menyebutnya “pasta, spaghetti”, orang Amerika mengenalnya sebagai “pasta-mie-makaroni”, sementara bagi mereka yang di Inggris nama lainnya adalah “pasta-makaroni”, lain pula dengan warga Jerman yang lebih senang menyebutnya sebagai “teigwaren-spätzel”. Di Cina, makanan ini disebut “mein”, sementara di Jepang, orang – orang terbiasa dengan sebutan “udon”. Meski nama dan penyebutannya amat bervariasi dari satu negara ke negara lain, tak dapat dipungkiri bahwa saat ini makaroni merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang sungguh mendunia.

Bagaimanakah proses pembuatan makaroni?

Makaroni tawar terbuat dari tepung terigu yang dihasilkan dari gandum jenis durum. Tepung terigu ini dicampur dengan air dan diuleni hingga menjadi adonan, tanpa diberi penguat rasa sama sekali. Lalu adonan yang telah siap diratakan menjadi lembaran – lembaran, dibentuk sesuai kebutuhan, dan dikeringkan dengan menggunakan alat pengering, lalu didinginkan dan dikemas. Makaroni merupakan bahan makanan yang dapat bertahan lama karena diproduksi secara higienis dan menggunakan teknologi terkini.

Diet ala Mediterrania dan makaroni!

Dalam menu pola makan tradisional Mediterrania, jenis makanan yang kaya akan karbohidrat dapat dengan mudah Anda temui. Buah – buahan, sayur – mayur, kacang – kacangan, dan terutama makaroni dan bulgur… Makaroni juga merupakan jenis makanan utama yang harus ada dalam pola makan ini. [dikutip dari Oldways Advocates for Better Eating and Drinking http://www.oldwayspt.org ]

Jadikanlah makaroni sebagai hidangan utama!

Di negara tertentu makaroni pada umumnya disantap sebagai hidangan kedua setelah sajian utama. Padahal sesungguhnya makaroni merupakan hidangan pertama dan sajian utama dalam jamuan makan. Makaroni dapat disajikan bersama hidangan apa pun. Anda, misalnya, dapat mengkombinasikannya dengan masakan buncis, sehingga tak perlu menghidangkan roti dan membuat saus tambahan. Contoh lain adalah menuangkan tumisan daging ke atas makaroni lalu segera sajikan hangat – hangat. Anda akan merasakan sensasi jamuan istimewa saat menyantapnya!

Jadikan makaroni sebagai hidangan pembuka!

Ganti sup Anda dengan olahan makaroni sebagai hidangan pembuka. Jika Anda menyantap makaroni sebagai hidangan pembuka daripada sebagai menu utama, yang biasanya tersaji dengan campuran saus yang kaya rasa dan sangat berlemak, maka Anda dapat terhindar dari kemungkinan menyantap hidangan berkalori tinggi setelahnya. Hal ini dapat terjadi karena makaroni akan membuat Anda merasa telah kenyang lebih cepat, sehingga dapat menekan keinginan untuk menyantap hidangan berikutnya.

Pentingnya makaroni untuk asupan gizi bagi penderita diabetes!

Jika makaroni tidak direbus terlalu lama, indeks glimemik-nya akan menurun dengan drastis. Makaroni jenis ini sangat penting, terutama bagi para penyandang diabetes, karena makaroni ini mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tercerna secara perlahan di dalam tubuh, dan secara bertahap meningkatkan kadar gula darah. Dengan demikian Anda merasa lebih bugar sekaligus juga membantu menjaga pola makan Anda.