Menu Tutup
  • Artikel
  • Views

Jenis pasta menarik untuk di kreasikan

Desember 30, 2021
Jenis pasta menarik untuk di kreasikan

Apa yang anda ketahui menggenai pasta? Kebanyakan orang hanya mengetahui pasta yang terdiri dari spaghetti dan macaroni saja. Padahal pasta itu memiliki banyak jenis dan ciri khasnya masing-masing. Olahan dari tepung dan gandum ini memang cocok untuk di kreasikan.

Pasta sendiri adalah makanan olahan yang sering terlihat dalam banyak masakan Italia. Pasta biasanya dibuat dari adonan tidak beragi dengan bahan tepung gandum durum (semolina) yang dicampur air atau telur. Kemudian, dimasak dengan cara direbus atau dipanggang ketika hendak mengonsumsinya.

Terdapat berbagai bentuk pasta. Di Indonesia sendiri, jenis pasta yang populer termasuk spageti, makaroni, atau lasagna. Makanan ini cukup mudah disajikan, karena biasa ditemukan dalam bentuk kering dan tinggal direbus lalu ditambah saus.

 

Pasta Panjang

Jenis Pasta yang menarik untuk di ulas
Sumber Gambar: Shopee.co.id

Bucatini

Jenis-jenis pasta yang kedua yaitu Bucatini. Pasta yang satu ini memiliki bentuk yang lebih bulat dan ada lubang di tengahnya. Ini membuatnya sedikit lebih tebal dari spageti. Saat dimasak dalam hidangan sup, hidangan pasta, dan casserole, saus akan menumpuk di dalamnya. Itulah yang membuat bucatini spesial.

Jenis pasta selanjutnya ini memiliki bentuk seperti spageti dengan lubang di bagian tengahnya yang menyerupai sedotan.

Angel Hair

Jenis-jenis pasta yang pertama adalah Angel Hair. Pasta ini memiliki bentuk yang panjang dan tipis, lebih tipis dari spageti. Untuk konsumsi terbaik dari pasta ini, bisa dengan saus berbasis minyak dan krim ringan. Spageti ini juga bisa disulap menjadi makanan tradisional Italia dengan tambahan saus marinara. Abon ayam atau udang scampi juga bisa menjadi tambahan protein yang bagus.

Spaghetti

Jenis-jenis pasta yang keempat adalah Spageti. Ini adalah salah satu bentuk pasta yang populer di Indonesia. Bentuknya silinder seperti angel hair dan bucatini. Tidak setipis rambut malaikat, tapi lebih tipis dari bucatini.

Dalam Bahasa Italia, spaghetti berarti “tali atau kecil”. Ada beberapa variasi spaghetti atau spageti, diantaranya spaghetti alla chitarra, spaghettini, dan spaghettoni. Pada dasarnya bentuknya sama-sama lurus memanjang, tetapi ukuran kebetalan spgahetti sedikit berbeda.

Pappardelle

Jenis-jenis pasta yang kelima yaitu Pappardelle. Fettuccine bukanlah satu-satunya pasta yang lebar. Pappardelle bahkan memiliki bentuk yang lebih lebar. Pasta pappardelle akan terasa lezat ketika dipadukan dengan saus berbahan dasar daging. Pasta ini paling sering diolah bersama bolognese, atau untuk hidangan pasta seafood.

Fettuccine

Jenis-jenis pasta yang ketiga yakni Fettuccine. Pasta ini memiliki bentuk yang pipih seperti spageti. Namun, pasta ini lebih tebal dan lebih padat. Fettuccine cukup lebar, sehingga cocok jika disajikan bersama saus daging chunky.

Fetuccine adalah pasta yang memiliki ukuran lebih lebar dari linguine dengan permukaan yang rata, mirip dengan kwetiau.

Fettucine memiliki banyak variasi nama lain, seperti

  • lasagnette;
  • fettucce;
  • ramicce; dan
  • sagne.

Vermicelli

Vermicelli, atau kita mengenalnya dengan nama bihun, adalah bentuk pasta yang sangat tipis. Vermicelli Italia dibuat dengan semolina dan vermicelli Asia dengan mie beras. Anda bisa mencampurkan pasta ini dengan sedikit minyak zaitun dan tomat kalengan untuk hidangan ringan seperti spageti, atau menggunakannya dalam tumisan dan sup.

 

Pasta Pendek

Jenis pasta yang menarik untuk di ulas
Sumber Gambar: jalinan.pasta

Makaroni Elbow

Selain spaghetti, pasta yang satu ini juga menjadi jenis yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Bentuknya kecil, setengah lingkaran, dan ini adalah pilihan pasta yang sangat cocok untuk membuat casserole dan juga sangat cocok untuk di masak menjadi makaroni krispi.

Penne

Asal kata Penne berasal dari bahasa Latin yaitu penna, yang berarti “bulu” atau “pena”. Penne merupakan pasta yang berbentuk seperti pena, dengan bentuk tabung berukuran kecil yang dipotong diagonal. Penne cocok disajikan dengan berbagai jenis saus, mulai dari krim, tomat, atau daging.

Meski Namanya terdengar asing, tapi Anda mungkin pernah menemukan jenis pasta ini. Pasta ini berbentuk silinder berongga dengan tepi yang miring dan bentuknya menyerupai penna. Teksturnya memiliki tonjolan sehingga penne menjadi pasta yang ideal untuk menangkap saus.

Campanelle

Pasta Campanelle adalah salah satu bentuk pasta yang jarang terdengar. Pasta ini digulung dalam bentuk kerucut dan memiliki tepi yang acak-acakan, seperti bunga kecil berbentuk lonceng. Bagian tengah yang berlubang dan bisa digunakan untuk menumpuk saus kental dengan baik.

Rigatoni

Rigatoni terlihat seperti saudara pasta dari penne. Bentuknya juga silinder dengan tonjolan di teksturnya., namun sedikit lebih padat dan tidak sempit. Seperti penne, bagian tengahnya berlubang lebar sehingga dapat menjebak saus. Setiap gigitan dari pasta ini akan terasa cheesy, creamy, dan beraroma.

Rotini

Pasta Spiral yang dililit. Bentuknya “keriting”.
Dapat Digabungkan dengan: Saus berbasis Tomat dan Krim lengket yang menempel pada sela-sela pasta. Juga dapat digunakan untuk Salad Pasta Dingin.

Pasta Lembaran

Jenis Pasta
Sumber Gambar: kompas.com

Lasagana

Jenis-jenis pasta selanjutnya yaitu Lasagna. Ini adalah jenis pasta lembaran yang paling dikenal, pasta yang satu ini merupakan salah satu pasta tertua di dunia.. Tepinya berkerut dan dekoratif menjadi ciri dari lasagna. Sajian lasagna biasanya dilengkapi dengan keju ricotta dan saus daging.

 

Pasta Isi

Jenis pasta yang menarik untuk di kreasikan
Sumber Gambar: hallosehat.com

Tortellini

Bentuknya seperti donat kecil, Tortellini juga menyerupai pusar, sehingga sering dijuluki “pasta pusar” dan bisa disajikan dengan menyiram saus atau menyajikannya dalam kuah kaldu atau sup tomat. Pasta ini juga bagus jika diberi sedikit minyak dan keju parmesan karena sudah memiliki banyak rasa yang dimasukkan ke dalam isian.

Gnocchi

Dibuat berbeda dari pasta gulung, gnocchi menggunakan kentang sebagai bahan dasar dengan tambahan tepung dan telur. Hasilnya adalah bentuk pangsit yang padat dan kecil. Gnocchi biasanya disiram dengan saus krim, atau saus lainnya.

Manicotti

Pikirkan manicotti seperti mie penne jumbo. Tekstur dan bentuknya yang sama, tetapi jauh lebih besar. Dan ini akan membuat pasta ini memiliki banyak ruang untuk diisi dengan dengan keju dan saus.

 

 

Rating
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 7 votes
Brand Name
Egafood
Product Name
Makaroniku
error: Content is protected !!