Menu Tutup
  • Artikel
  • Views

Mengenal Pasta Makanan Populer Di Dunia

April 13, 2020
Mengenal Pasta Makanan Populer Di Dunia

Seperti kita tahu, bahwa pasta  indentik dengan bangsa eropa dan lebih di kenal berasal dari italia , makanan yang terbuat dari tepung dan tidak beragi  yang dicampur dengan air atau telur dan dibentuk menjadi lembaran-lembaran atau bentuk-bentuk yang lain. Tapi tahukah teman-teman, bahwa pasta ternyata sudah ada sejak zaman dulu di Italia, bahkan sejak tahun 400 sebelum Masehi. Konon, dulunya ada makanan sejenis yang menjadi hiasan makam bangsa Etruscan. Sedangan di Cina, masyarakatnya sudah mengenal mie dan pasta sejak 2.000 tahun sebelum Masehi. Konon dari dulu banyak sekali jenis makanan yang sangat mirip dengan pasta dan di temukan di berbagai tempat di dunia.

Sejarah telah membuktikan bahwa pada tahun 1295 Marco Polo membawa oleh-oleh saat pulang dari penjelajahannya dari tanah China. Selidik demi selidik dibuktikan, bahwa Marco Polo membawa buah tangan berupa mie dari China. Mulanya dia hanya membawanya saja, tetapi lama-lama banyak orang Italia yang menyukainya. Mereka berusaha untuk mencoba pembuatannya. Sampai pada akhirnya, mie ini berkembang sangat pesat dan berubah sesuai bentuk kreasi para juru masak Italia. Selanjutnya, mie yang mereka buat dari adonan tersebut dinamakan pasta.

Baca juga : Ini 5 Resep Pasta yang enak !

Nama pasta ternyata memiliki arti yang berbeda di masing-masing negara. Seperti di Italia pasta berarti “pasta”, berbeda dengan daerah Yunani, pasta berarti bubur barley, ada pula menurut negara Latin pasta berarti adonan.

Jadi, bisa dipastikan bahwa pasta pernah menjadi pengganti makanan pokok bagi beberapa lapisan masyarakat. Sebab pasta termasuk makanan yang cukup sederhana cara memasaknya, dan juga lebih gampang disimpan dalam waktu agak lama. Ada total belasan jenis pasta tersebar di seluruh dunia, seperti Rigatoni, Penne, Ditali, Fusilli, dan lain sebagainya.

Sedangkan jenis pasta yang popular di Indonesia antara lain macaroni, spageti dan lasagna.Pasta sendiri terpilih sebagai makanan paling populer sedunia. Survei yang dilakukan lembaga amal Oxfam menunjukkan pasta berada di urutan teratas, mengalahkan daging, nasi, dan pizza. Menurut survei ini pasta tidak hanya populer di negara-negara Eropa.

Di negara-negara seperti Filipina, Guatemala, Brasil, dan Afrika Selatan pasta juga sangat disenangi masyarakat. Dan data dari Organisasi Pasta Internasioal memperlihatkan Venezuela adalah konsumen pasta terbesar kedua di dunia setelah Italia. Tunisia, Chile, dan Peru juga masuk sepuluh besar negara pemakan pasta terbanyak di dunia sementara jumlah pasta yang dikonsumsi masyarakat Meksiko, Argentina, dan Bolivia melebihi Inggris. Untuk itu dapat kita simpulkan bahwa pasta sangat popular di berbagai belahan dunia. Mengapa pasta sangat populer? Karena murah dan mudah dimasak, Bahan saus untuk pasta juga mudah didapatkan.

Anda bisa membuat aneka jenis makanan dari pasta. Rasanya enak dan cepat membuat kita kenyang. Selain itu pasta juga tahan lama. Faktor lain adalah pasta mudah diproduksi secara massal dan tidak sulit diangkut ke berbagai tempat di seluruh dunia. Tidak mengherankan bila terdapat banyak pabrik pasta di seluruh dunia.

Melihat begitu popular nya pasta di kalangan masyarakat dunia ternyata memiliki hari spesial yang diperingati setiap 25 Oktober sebagai hari pasta sedunia. Mulanya, di tanggal 25 Oktober 1995 terdapat 40 ahli pasta dari berbagai negara berkumpul untuk membahas pentingnya makanan tersebut. Hari itu juga mereka bersenang-senang dengan pasta mulai dari membahas hingga menyantapnya bersama-sama. Untuk memperingati hari pasta sedunia, biasanya orang Eropa memasak berbagai jenis mulai dari pasta yang sering hingga jarang dihidangkan untuk disantap bersama keluarga atau kerabat.

Bahkan ada  enam ratus lebih  jenis pasta di dunia. pasta memiliki cukup banyak jenis, tidak hanya spaghetti, macaroni, fettuccini hingga fusilli, namun ada juga pasta dengan bentuk seperti bantal yaitu ravioli. Pasta yang berbentuk panjang dan terdapat lobang di setiap ujungnya memiliki nama penne dan masih banyak lagi. Totalnya bisa mencapai  600 jenis pasta yang semuanya dibedakan sesuai dengan bentuk, bahan dan cara mengolahnya.

Bentuk pasta yang bermacam-macam itu akhirnya berbuntut pada perkembangan jenis sausnya. Yap, ada bentuk-bentuk tertentu yang lebih cocok dibumbui dengan jenis saus tertentu juga. Misalnya, saus yang tebal cocok untuk pasta yang pendek atau spiral seperti rotini dan fusilli.

Pasta semakin di gemari karena bagi orang yang lagi diet, karbohidrat (dan lemak) adalah musuh utama. Tapi, siapa sangka kalau makanan se-fancy pasta ternyata mengandung jumlah karbohidrat yang lebih tinggi (43 persen) dari mie instan (38 persen) yang notabene dicap nggak sehat. Jadi, sebaiknya kamu tetap mengkonsumi pasta dibarengi makanan yang lebih bergizi seperti sayuran dan telur.

Kepopuleran pasta sudah tidak di ragukan di seluruh dunia. Berbagai restaurant di dunia terutama di eropa menyajikan jenis sajian pasta dan ternyata pasta nggak cuma ngetren gara-gara perkembangan kuliner aja. Sebaliknya, keberadaan pasta menyebar gara-gara perang dunia! Yap, waktu Amerika sedang krisis pangan pada 1930-an, salah satu suplai makanan terbanyak berupa pasta. Lalu, pada masa Perang Dunia II yang juga lewat Italia, pasukan sekutu dibekali pasta oleh warga lokal. Saking populernya, pasta sampai punya organisasi sendiri lho. Organisasi pasta itu bernama International Pasta Organization (IPO). Tugas IPO adalah mendata berapa jumlah konsumen pasta di berbagai negara seluruh dunia.

Jadi sekarang kita sudah tahu asal pasta dan perkembangan nya sehingga menjadi makanan popular di dunia.