Menu Tutup
  • Artikel
  • Views

Manfaat Tepung Maizena Untuk Berbagai Masakan dan Kue

Juli 15, 2020
Manfaat Tepung Maizena Untuk Berbagai Masakan dan Kue

Untuk bunda yang sedang gemar memasak dan membuat kue, pasti tidak asing lagi dengan tepung maizena. Dari berbagai jenis tepung, tepung maizena sangat popular untuk memasak dan membuat kue serta banyak kegunaanya.

Tepung maizena atau tepung jagung berasal dari jagung yang digiling hingga menjadi tepung yang sari patinya diambil. Selanjutnya proses perendaman dan fermentasi dilakukan. Sari pati itulah yang dinamakan dengan tepung maizena. Mempunyai ciri khas berupa warna putih dan tekstur yang halus, tepung ini dikenal bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac dan penyaki penyimpanan glikogen.

Berikut adalah kegunaan tepung maizena :

Kegunaan tepung maizena lainnya adalah untuk pelapis makanan. Biasanya tepung dari biji jagung ini dicampurkan dengan tepung terigu untuk menggoreng. Nanti rasa renyah bakal diperoleh dalam makanan tersebut. Hal itu dikarenakan tepung maizena bisa meningkatkan penyerapan minyak dan kerenyahan makanan.

Kegunaan tepung maizena juga terasa dalam ketika hendak membuat saus vla atau custard. Setelah vla atau custard matang, tepung ini  bisa dicampur ke dalam adonannya untuk disimpan di dalam wadah tertutup. Hal ini berguna untuk mencegah perubahan tekstur.

Kegunaan tepung maizena sendiri, untuk pengganti tepung sagu, dalam membuat kue.

Kegunaan yang lain nya adalah dalam  pembuatan biskuit, kue kering, dan lain nya juga dapat diolah sebagai sirup jagung atau pemanis jenis lain

Dengan penambahan takaran yang sesuai, tepung maizena jg dapat menghaluskan kue bolu. Bunda juga harus memilih tepung maizena yg berkualitas untuk dapat tercapur sempurna di adonan bolu, di sini kami menyarankan bunda untuk menggunakan tepung maizenaku.

Kegunaan lain nya adalah untuk mengentalkan kuah dalam masakan bunda, dengan cara campurkan tepung maizenaku . Bunda  sebaiknya menuangkan sedikit lebih banyak air dibandingkan jumlah tepung. Tidak ada panduan jumlah penambahan air yang pasti di sini, karena semuanya bergantung pada volume kuah daging Bunda. Tidak ada ukuran yang pasti, sehingga Anda harus memperkirakannya. Cobalah gunakan sekitar 2 sendok makan tepung maizena untuk setiap cangkir kuah daging. Pastikan untuk mencampurkan tepung dan air dalam mangkuk terpisah. Aduk rata hingga halus.

Tambahkan air dan tepung jagung atau tepung maizenaku  ke dalam kuah daging. Jangan masukkan sekaligus, pastikan untuk menuangkannya sedikit demi sedikit. Tuangkan sedikit, aduk, kemudian tambahkan lagi. Lanjutkan menuangkan campuran tepung hingga habis. Sekarang, aduk kembali kuah daging untuk menyingkirkan gumpalan tepung yang tersisa.

Angkat kuah daging dari kompor setelah mengental. Setelah mengental, kuah siap dihidangkan. Bunda  juga bisa mencicipi kuah dengan sendok untuk memastikan kekentalannya sudah seperti yang Anda inginkan. Semuanya ditentukan oleh selera pribadi Bunda.

kegunaan nya Untuk Kesehatan Selain punya peran menambah cita rasa dan tekstur, tepung ini mempunyai manfaat besar untuk tubuh. Apa sajakah?

Sumber kalori yang baik

Tidak semua orang menghindari asupan kalori dalam jumlah banyak. Banyak pula yang membutuhkannya karena ingin meningkatkan berat badan ke level ideal. Kalau seperti itu, konsumsilah tepung maizena yang merupakan kalori besar. Lihat saja, di dalam setiap satu sendok makan tepung maizena terkandung 30 kalori. Untuk mendapatkan kegunaan tepung maizena ini, cukup campurkan ke dalam berbagai jenis makanan seperti yogurt, puding, kentang tumbuk, atau sereal. Masukkan saja dalam porsi sedikit agar tidak merusak rasa dan tekstur makanan aslinya.

Penghasil energi

Kegunaan tepung maizena akan terlihat nyata bagi mereka yang membutuhkan energi dalam jumlah besar. Jenis tepung ini kaya akan kandungan karbohidrat yang bisa diolah tubuh sebagai sumber energi. Di setiap satu sendok makan tepung maizena terdapat 8 gram karbohidrat. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat diperlukan tubuh untuk mengatur fungsi tubuh lain. Contohnya adalah menjaga pernapasan, detak jantung, serta kerja otak tetap optimal.